images
Oct 28, 2019

Tangkap Buaya yang Berkeliaran, BKSD Minta Bantuan TNI

PADANG - Penangkapan buaya yang berkeliaran di sekitar Pantai Padang dan Muara Sungai Kuranji dekat Kampus Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat, mendapat kendala. Sebab Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar tidak memiliki peralatan untuk menangkapnya.

"Kita tidak memiliki kapal atau perahu dan sejenis alat untuk menangkap buaya tersebut. Yang dilakukan saat ini hanya monitoring saja, sebab buaya itu kadang muncul kadang hilang. Saya kemarin melihat buaya itu," kata Kasat Polisi Hutan BKSDA Sumbar, Zulmi Gusrul kepada Okezone, Selasa (19/1/2016).

Untuk monitoring ini, petugas BKSDA mengerahkan sebanyak enam orang personel untuk melihat kondisi saat ini.

"Kita juga kekurangan personel untuk menangkap buaya itu. Namun kita saat ini sedang melakukan koordinasi dengan TNI AL dan Polisi Air serta dinas pariwisata dibantu oleh Dinas Kelautan dan Perikanan serta BPBD," ujarnya.

Menurutnya, TNI dan Polisi Air memiliki peralatan untuk menangkap buaya tersebut. "Kita koordinasi dulu dengan atasan kita, kemana nantinya buaya ini akan direhabilitasi," ucap Zulmi.

Kemarin buaya ini menampakan dirinya di Pantai Padang pada siang hari. Warga yang berkunjung ke pantai tersebut sempat ketakutan. Sedangkan kemarin malam pada pukul 17.30 WIB sampai pukul 21.00 WIB, buaya kembali menampakkan dirinya di Muara Kuranji.

Zulmi menduga habitat buaya itu memang di Sungai Kuranji. Diduga karena habitatnya terganggu, buaya tersebut mencari tempat yang baru.